Minggu, 25 Maret 2012

Pemahaman Dasar Tentang Penangkaran & Garis Keturunan Burung Kenari


Pemahaman Dasar Tentang Penangkaran & Garis Keturunan Burung Kenari

Salam Kicau Mania!!

Seperti kita ketahui bahwa sudah mulai banyak peternak burung kenari yang bermunculan belakangan ini, dikarenakan permintaan yang meningkat dari para penghobi burung istimewa ini. Namun juga perlu kita sadari sekali lagi bahwa masih ada beberapa dari peternak sendiri yang kurang begitu memahami tentang dasar penangkaran kenari dan garis keturunannya. Dalam kesempatan kali ini mari kita kupas satu per satu untuk menambah wawasan kita tentang seluk beluk penangkaran kenari.
Sebelum seseorang memutuskan untuk menangkarkan burung kenari seharusnya sudah mengerti benar tentang seluk beluk beternak. Beternak atau breeding adalah usaha dari sebuah rangkaian dari beberapa hal dan cara untuk memperoleh generasi baru dari kenari yang sudah ada.

Metode Penangkaran
Para peternak mempraktekan beberapa metode atau cara breeding yang berbeda-beda, tergantung dari tujuan dan ambisinya. Berikut adalah beberapa metode dalam beternak kenari:

Penangkaran dengan metode pasangan (sepasang)
            Peternak akan menjodohkan satu kenari pejantan dengan satu kenari betina untuk membentuk suatu ikatan dalam satu periode penuh. Beberapa peternak mungkin akan membiarkan pejantan didalam satu kandang selama musim penangkaran, namun ada juga yang memisahkan pejantan selama betina mengerami telur-telurnya dan akan menyatukannya lagi ketka anak-anak burung tersebut sudah menetas guna membantu si betina untuk merawat anak-anak burung tersebut. Namun semua itu tergantung juga dari sifat dan temperamen si pejantan, maka dari itu peternak perlu selalu untuk memonitor dengan hati-hati supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan.

Mengkawinkan satu pejantan dengan beberapa kenari betina (polygamy)
            Peternak terkadang memilih untuk mengkawinkan pejantan terbaiknya dengan beberapa betina selama satu periode penangkaran. Caranya adalah dengan ‘menggilir’ si pejantan dari satu kandang betina ke kandang betina lainnya secara terpisah guna proses perkawinan. Sekali perkawinan dinilai sudah tercapai; si pejantan dikembalikan ke kandangnya sendiri sebelum kembali di jodohkan dengan betina ke dua dan seterusnya. Peternak biasanya melakukan proses tersebut berulang kali hingga si betina telah menelurkan 2 butir telur, setelah itu si betina mulai mengeram si pejantan tidak lagi diperlukan lagi dan segera dijauhkan dari si betina. Hal ini untuk menghindari keterikatan (penjodohan) antara si pejantan dengan salah satu dari beberapa betina tersebut, karena jika terjadi keterikatan (jodoh) maka akan mengganggu proses polygamy diperiode selanjutnya.

Penangkaran dengan cara koloni (berkelompok)
            Sebuah kelompok biasanya terdiri dari jumlah pejantan yang terbatas dan jumlah betina yang lebih banyak. Sebagai gambaran kita bisa memelihara 3 pejantan dengan 6 betina dalam satu kandang yang luas. Kita akan membiarkan burung-burung tersebut bebas dan hidup secara harmonis didalam kelompok tersebut selama setahun penuh tanpa campur tangan dari kita. Setelah para betina ‘siap’ maka akan segera bermunculan beberapa sarang yang dibuat dan akan segera bertelur. Namun kita harus memperhatikan penuh pada saat musim kawin seperti ini karena insting dasar dari burung-burung tersebut yang berusaha mempertahankan wilayahnya dari burung lain hingga ada kemungkinan dapat menyebabkan keadaan yang fatal.
Itulah 3 cara penangkaran burung kenari yang saya ketahui. Metode pertama hampir digunakan semua peternak-peternak di Eropa yang selalu memperhatikan kualitas anak burung yang dihasilkan, karena dengan dua induk (pejantan & betina) yang secara bersama-sama merawat anak-anaknya, maka kualitas makan yang diterima anak-anak itu akan sangat terpenuhi dan akan tumbuh secara optimal. Cara kedua adalah yang paling umum dipakai oleh peternak-peternak di nusantara, disamping mengambil sisi ekonomis juga mengejar sisi kuantitas yang dihasilkan. Namun yang menjadi masalah dari metode kedua yang sering dilakukan oleh peternak nusantara adalah terlalu terburu-buru untuk memisahkan anak-anak dengan induk betina sebelum waktunya, bahkan ada juga yang memaksakan untuk meloloh dengan tangan supaya indukannya segera berproduksi kembali. Hal ini menyebabkan kurang optimalnya pertumbuhan anak-anak burung tersebut dan pada akhirnya juga berpengaruh pada kualitas anakan tersebut yang justru akan merugikan peternak itu sendiri karena kualitas burung rendah maka harga jual juga tidak akan bisa memuaskan. Metode yang ke tiga adalah yang paling jarang dilakukan oleh peternak, karena biasanya yang melakukan metode tersebut adalah orang-orang yang hanya memelihara burung kenari untuk sekedar hoby dan bukan untuk memperbanyak.

Garis keturunan burung kenari
            Banyak dari kenari mania masih bingung dan rancu tentang pemahaman arti dari istilah filial atau yang sering kita sebut dengan “F”. Filial artinya adalah garis keturunan dalam sebuah perkawinan antara burung trah murni dengan burung lain yang sejenis tanpa ada ikatan darah apapun. Contohnya adalah peranakan tahun pertama yang dihasilkan dari jenis Yorkshire yang dikawinkan dengan jenis kenari lokal. Dengan begitu anak yang dihasilkan dinamakan keturunan pertama atau kita sebut dengan sebutan “F1” atau lebih jelasnya disebut F1 Yorkshire. Entah anakan itu body nya berukuran besar atau kecil, cacat atau normal, apapun warna nya tetap namanya keturunan pertama (F1 dari pejantan Yorkshire). Sedangkan di tahun kedua betina F1 dari hasil tahun pertama dikawinkan dengan Yorkshire (berbeda pejantan) maka akan menghasilkan keturunan kedua yang disebut “F2”, biasanya postur tubuhnya akan lebih mendekati bapaknya. Dengan begitu F2 akan lebih besar dari F1, namun tidak menutup kemungkinan ukurannya sama dengan F1 dikarenakan banyak faktor. Sekali lagi seberapa besar/kecilnya ukuran F2 tetap dinamakan F2 karena merupakan keturunan silangan kedua. Ditahun ketiga, anakan betina F2 dikawinkan dengan Yorkshire (berbeda pejantan) maka akan menghasilkan keturunan ke tiga yang disebut “F3”, biasanya ukuranya bisa hampir sama dengan bapaknya, bahkan mungkin lebih besar. Tidak menutup kemungkinan ukuranya jauh lebih kecil, tapi seberapapun ukuranya tetap dinamakan F3 karena merupakan hasil keturunan ketiga dari penjodohan awal antara pejantan Yorkshire dengan betina lokal. Begitu proses seterusnya dan biasanya akan menjadi tetap atau hybrid jika sudah memasuki F5 atau F6 dimana disebut fixed strain atau final strain.
Peranakan pertama atau F1 (pejantan Yorkshire dengan betina lokal) yang masih berumur 30 hari
            Namun sayangnya kadang-kadang kita dibuat bingung oleh istilah-istilah kita sendiri seperti AF, AF Super, F1 lokal, Yorkshire lokal dan lain-lain. Apa itu AF? Biasanya orang-orang kita menamai kenari yang ukurannya lebih besar dari kenari lokal dan lebih kecil dari F1 Yorkshire. Biasanya AF dihasilkan dari perkawinan F1 dengan kenari lokal. Apa itu Yorkshire lokal? Yorkshire Lokal adalah hasil perkawinan antara Yorkshire(import) X Yorkshire (import) yang lahir di nusantara yang tentu saja kita tidak perlu lagi repot-repot dan beresiko merawatnya seperti Yorkshire import karena Yorksire Lokal tentunya sudah beradaptasi baik dengan lingkungan maupun suhu di Indonesia.
            Memang ada banyak istilah dan ada juga hasil keturunan campur aduk yang kita sendiri tidak tahu asal usulnya harus disebut apa. Seperti kita ketahui bersama, ada dua kamus berbada mengenai hal ini, kalau anda bertanya kepada peternak langsung maka penjelasannya akan seperti yang saya jabarkan di atas. Namun bila anda bertanya kepada penjual, maka definisi “F” mungkin akan berbeda, bagi pedagang yang tidak tahu asal usul seekor kenari yang dijualnya maka ia hanya akan menilai “F” berdasarkan ukuran burung tersebut, yang kita tahu juga bahwa tidak ada standard tetap besar burung keturunan pertama, kedua dan seterusnya. Apabila burung body besar, ‘sekiranya’ berukuran rata-rata F2 maka mereka akan mengatakan burung tersebut adalah F2 walaupun mungkin pada kenyataanya adalah kenari peranakan silangan pertama atau yang disebut F1.
            Maka bila anda akan memulai beternak atau mungkin ingin mendapatkan burung yang berkualitas dan benar tentang asal usul, keturunan, umur, dan segala sesuatu yang akurat tentang seekor burung kenari, maka akan lebih baik jika anda datang langsung ke peternakan yang memang benar-benar bisa dipercaya dan berpengalaman. Mungkin anda pernah mendengar istilah pedigree, yaitu catatan akurat tentang garis genetic yang bisa di lacak hingga beberapa generasi. Peternak yang baik akan bisa menjelaskan keturunan dari anakan burung yang ditangkarakan.
            Selanjutnya akan saya coba jelaskan lebih rinci lagi tentang garis keturunan dalam beternak burung kenari. Ada tiga cara penjodohan dalam menangkarkan kenari:
Pertama yang disebut LINE BREEDING atau penjodohan seekor burung dengan satu ekor burung lain keturunan jauh. Kalau memakai perumpamaan manusia contohnya adalah seperti sepupu dengan sepupu, kakek dengan cucu perempuan dan sebagainya.
Kedua yang disebut dengan IN BREEDING yaitu penjodohan sedarah. Kalau memakai perumpamaan manusia contohnya adalah seperti bapak dengan anak perempuan, ibu dengan anak laki-laki, atau bahkan antara kakak laki dengan adik perempuan. Tujuan dari kedua cara tersebut adalah untuk menjaga keaslian genetic dan kualitas dari suatu trah murni.
Ketiga disebut OUT CROSSING atau kawin silang. Penjodohan antara dua jenis yang berbeda, yang tujuannya adalah untuk memperbaiki atau menambah sifat baru yang lebih baik dimana tidak dimilki oleh trah asli yang sudah ada. Contohnya seperti penjodohan  Crested Canary dengan Border yang menghasilkan Gloster. Contoh lain adalah persilangan German Roller dengan Border yang menghasilkan American Singer. Seperti yang sering kita lihat di nusantara, peternak umumnya mengkawinkan antara Yorkshire dengan kenari lokal yang mungkin akan menghasilkan keturunana kenari yang lebih baik.  Namun bukan hal yang mudah dan instant untuk bisa mencetak satu jenis kenari baru, hal itu dikarenakan perlu kecermatan pengetahuan genetika dan kesabaran dari peternak yang bertahun-tahun baru bisa menghasilkan jenis kenari baru atau HYBRID.
Sekian dahulu penjelasan tentang metode mengkawinkan kenari dan garis keturunan dari hasil beternak kenari, pada kesempatan mendatang akan saya coba jelaskan cara beternak kenari mulai dari awal persiapan hingga anakan burung menetas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

MERAPI CANARY BREEDER JOGJA

14 komentar:

maaf saya mau tanya saya beli kenari di pasar di pasar penjualnya menyebutnya TAIWAN yang saya mau tanya kalo sebutan TAIWAN disini itu apa ya ? (maklum baru pelihara kenari om )

Saya justru baru dengar ini kenari Taiwan om, kalau importir nanggung sekali om impor kalo cuman dari Taiwan. Karena kenari Impor umumnya dari Eropa, Blackthroat, Edel Sanger dari Afrika. Bisa jadi penjualnya ingin menaikan harga kenari lokal dengan label kenari 'luar'. Hati-hati aja om...Kalau boleh saya sarankan mending kalau mau cari kenari mending beli di peternak langsung. Cari peternak yang mau berbagi dan sabar melayani pertanyaan2 anda.
Terimakasih, semoga membantu.

siiip artikelnya..........

kalau merapi canary breeder belum pernah denger kenari Taiwan, belajar lagi aja main kenari boss...
belajar ke jakarta tanya2 pedagang burung emperan aja tau kenari Taiwan, jadi belajar main kenari lagi.

@Om kriswanto, masih anak2 kali om........

Klo bs jgn saling menyudutkan om, kan sama2 kenari mania yg berusaha memajukan dunia perburungan indonesia (khususnya kenari) dgn caranya masing2..hargai sesama insan pecinta kenari, blog inikan cm sarana berbagi ilmu n belajar bersama..jd yg lbh tau ksh tau yg blm tau dst..monggo lgsg dishare aja ilmunya ttg kenari yg sekiranya dpt berguna buat dunia perkenarian indonesia..

kalo kenari fusan itu jenis yg seperti apa ya om? monggo sharenya

Kalau yang paling sulit di ternak itu kenari apa om?

@ Om Kriswanto yang terhormat. Terimakasih atas komennya, memang sebagai peternak saya tidak mengerti semua jenis kenari, karena ada banyak sekali jenis kenari. Saya hanya ingin menyampaikan untuk para kenari mania supaya berhati-hati apabila ada yang menawarkan jenis kenari yang belum pernah didengar sebelumnya. Selain itu saya hanya fokus beternak pada beberapa jenis kenari yang menurut saya sangat prospek dalam segi kualitas. Untuk kekurangan informasi di blog ini saya mohon maaf, karena memang saya tidak memahami semua jenis kenari. Apabila Om Kris, punya info mohon di share.

Kenari jenis apa yang paling susah di ternak? Pada dasarnya semua jenis kenari mempunyai karakteristik yang sama, semua sama saja. Namun mungkin rekan2 semua ada yang menjumpai kesulitan untuk menyilangkan kenari impor, umumnya kenari impor butuh perhatian dan perawatan extra yang berbeda dengan kenari lokal. Kenari type Yorkshire mungkin yang paling sulit (menurut saya juga teman2) karena jarang2 ada yang bisa bertahan sampai 2 kali periode perkawinan.
Mudah2an berguna.

klo jenis lizard dikawinkan dgn kenari lokal, anakannya termasuk fi lizard apa bukan mas

Saya tertarik ingin menangkarkan kenari dan saya ingin beli kenari 1 pasang siap tangkar, saya punya modal 5 jt ... sebaiknya saya beli pejantan apa ? dan betinanya apa ? supaya keturunannya juga bagus-bagus ....

Salam kenary
Boss 5jantan 10betina di jadikan 1kandang besar bisa bagus gak dalam peranakannya

Mohon infox saya ada beli kenari ring gold jogya mcb os 085 isian full BT + spanis timblardo d kios burung samarinda kalo boleh tolong infokan umur/usiax & apa indukanx thankx & trimsz sebanyak"x (bopak)

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More