Selasa, 13 Maret 2012

Yorkshire Canary

Yorkshire Canary

Salam kicau mania!!

Ada bermacam-macam jenis atau varietas kenari yang sudah ada di Indonesia, baik itu kenari import maupun kenari lokal, namun yang saat ini bisa dikatakan sangat populer dan paling dicari tak lain adalah kenari Yorkshire. Yorkshire dikembangkan ditahun 1800an di Inggris dan pertama kali diperlombakan pada tahun 1870 di kota Yorkshire. Yorkshire bisa dikatakan sebagai kenari terfavorit bagi kicau mania diseluruh dunia karena ukurannya yang panjang dan ramping (rata-rata mempunyai panjang 15-17cm) serta bulu yang sempurna (pendek, padat, lembut), juga bentuk keseluruhan yang menawan. 

Kenari Yorkshire Bon (Buff)
Jenis ini masuk didalam kategori TYPE CANARY yang memang menonjolkan bentuk tubuh, ukuran dan keanggunan. Yorkshire dikembangkan dari hasil beberapa persilangan yaitu Lancheshire, Norwich, dan Belgian untuk menambah beberapa kualitas seperti panjang tubuh, warna dan bulu, serta bentuk dan gaya berdiri. Seperti  kita ketahui gaya berdiri Yorkshire yang berkarakter ini hingga seperti membentuk jarum jam pukul 5 lebih 7 menit jika bertengger menghadap ke kanan, kaki nya membentuk sudut seperti arah jam 5 sedangkan tubuh dan kepalanya menuju arah jam 1.
Ada yang mendeskripsikan Yorkshire sebagai “sang penjaga” (the guadsman) karena sikapnya yang seolah olah seperti seorang penjaga yang selalu berdiri tegap. Ada juga yang mengatakan bahwa Yorkshire sebagai “burung yang sopan / aristokrat” (gentlemen of the fancy) karena cara berdirinya yang tenang dan dingin.
Kenari Yorkshire Kuning
Warna dari jenis ini pun bermacam-macam mulai dari kuning pekat, orange (Sunkist), bon (brown/buff), hijau, cinnamon, dan yang paling jarang ditemui adalah warna putih. Kenari ini memang pantas untuk dihargai, bukan hanya secara materiil saja namun sebagai mahkluk Tuhan yang anggun. Karena kebanyakan di Indonesia masih mendatangkan (import) jenis ini dari Eropa maka tak heran jika harganya fantastis. Kebanyakan Yorkshire di Indonesia berasal dari Jerman, Belgia, Belanda, dan Inggris. Namun perlu diingat, jenis ini adalah yang paling dicari, jadi bagi anda pun yang mempunyai cukup uang untuk membeli Yorkshire, akan tetapi anda belum tentu akan mudah untuk mendapatkanya. Bahkan ada kata-kata seperti: “Mampu memelihara tetapi tidak mampu membeli, mampu membeli belum tentu bisa memelihara, ada uang belum tentu ada barang” Harga untuk Yorkshire import di Indonesia berkisar Rp.6-8 juta untuk betina dan Rp.8 juta hingga belasan juta Rupiah untuk yang jantan, bahkan mungkin ada yang berharga lebih dari angka tersebut.
Selain itu kenari ini butuh perawatan extra yang benar-benar harus diperhatikan kebutuhannya. Salah satu yang tersulit adalah penanganan Yorkshire setelah datang ke Indonesia. Kita tahu perbedaan suhu, perjalanan  panjang, serta hal-hal lain yang beresiko besar menyebabkan kondisi burung drop, stress, dan mungkin berakhir dengan kematian. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi penghobi yang benar-benar ingin memelihara Yorkshire.
Namun jangan khawatir, anda bisa mendapatkan Yorkshire dari hasil penangkar yang ada di Indonesia, tentu saja anda tidak perlu repot-repot lagi mengkondisikan burung tersebut dengan cuaca dan suhu ditempat anda.
Sekian dahulu untuk pembahasan tentang kenari Yorkshire, semoga bermanfaat dan terimakasih.



Merapi Canary Breeder Jogja

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More