Rabu, 14 Maret 2012

Gloster Canary

Gloster Canary

Salam kicau mania!!

Siapa diantara kicau mania terutama kenari mania yang tidak tahu jenis kenari gendut dan lucu ini? 

Kenari Gloster Consort
Gambar diatas adalah jenis kenari Gloster yang sangat terkenal, “ditemukan” (ditangkarkan dari hasil silangan) oleh wanita bernama Rogerson yang tinggal di Glouchestershire, Inggris setelah perang dunia pertama. Hasil silangan yang diilhami dari pohon bonsai, Gloster dihasilkan dari persilangan antara kenari jambul (crested canary) dengan kenari Border (konon di tahun 1920an kenari Border ukurannya sangat kecil dibandingkan kenai Border pada jaman sekarang). Gloster pertamakali diperlombakan pada tahun 1925 dan banyak ditangkarkan oleh peternak-peternak di Inggris.
Itulah sejarah singkat tentang kenari Gloster, sekarang saatnya kita bahas apa yang menjadi keunikan jenis ini. Gloster memang di ‘ciptakan’ supaya berukuran kecil, pendek, dan terkesan tambun. Panjangnya tak lebih dari 4 ¾ inci dengan beberapa varian warna seperti kuning, hijau, cinnamon, dan biru abu-abu. Banyak kalangan yang hampir tidak bisa membedakan antara Gloster dengan Crested Canary, karena keduanya hampir mirip namun berbeda jenis. Crested Canary mempunyai tubuh yang lebih tegap dan besar.
Kenari Gloster Corona
Ada dua macam gloster berdasarkan bulu dikepalanya, ada yang memakai jambul / mahkota (mirip potongan rambut pony) yang disebut Corona. Ada juga yang memang polos atau plain head yang disebut Consort. Walaupun jenis ini  masuk dalam category TYPE CANARY (body & shape), Gloster tetap mempunyai suara yang indah untuk didengar.
Bagi peternak yang akan menangkarkan jenis ini perlu secara benar memperhatikan genetika sebelum mengkawinkannya. Karena tidak dianjurkan untuk mengawinkan antara Gloster Corona dengan sesama Gloster Corona, besar kemungkinan tidak akan menetas.
Memang saat ini Gloster sedang naik daun dengan adanya komunitas-komunitas pecinta Gloster di jejaring sosial. Semoga kedepanya kenari Gloster mampu lebih dikenal dan digemari oleh kicau mania di nusantara. Sekian dulu bahasan kita untuk kenari Gloster, semoga bermanfaat dan terimakasih.



Merapi Canary Breeder Jogja

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More